Thursday, August 24, 2017

Produk Mempercepat Penyembuhan Luka dan Mencegah Kontraktur Kulit

Luka atau defek yang luas, masih menjadi masalah di dunia medis. Tak hanya perihal  infeksi, estetika pun masih menjadi masalah, hingga memerlukan cangkok kulit atau skingraft untuk menutup luka tersebut. Dalam cangkok kulitpun masih ada masalah lagi yaitu proses penyembuhan lukanya serta komplikasi dari cangkok kulit yaitu kontraktur kulit. Lalu bagaimana cara mempercepat penyembuhan luka dan mencegah timbulnya kontraktur pada cangkok kulit?

Sekarang banyak ditemukan produk yang membantu proses penyembuhan luka secara cepat. Produk-produk tersebut mengandung komponen “faktor pertumbuhan” atau growth faktor. Faktor pertumbuhan tersebut terkandung dalam keping darah atau trombosit. Tidak hanya berfungsi sebagai penghasil faktor pertumbuhan, Trombosit juga  berperan dalam proses pembekuan darah sehingga berfungsi menghentikan perdarahan. 
Platelet Rich Plasma
Platelet Rich Plasma

Salah satu produk yang digunakan dalam proses penyembuhan luka adalah Platelet Rich Plasma atau yang lebih dikenal dengan nama PRP. Platelet Rich Plasma atau yang artinya cairan plasma yang kaya akan kandungan platelet,  merupakan larutan yang memiliki konsentrat trombosit autologus yang tinggi. Diharapkan banyak faktor pertumbuhan dilepaskan untuk mempercepat pertumbuhan sel di lokasi luka sehingga luka segera cepat sembuh.

Saat ini juga telah dikembangkan produk yang mempunyai struktur yang lebih padat dan lentur, yaitu PRFM (Platelet Rich Fibrin Matrix). Sesuai namanya , PRFM kaya akan Fibrin Matrix atau matrik serat yang berguna untuk membentuk sel yang lebih lentur.

Pada kasus operasi plastik, misal kasus luka yang terbuka lebar dan  sulit untuk ditutup langsung hanya sekedar menggunakan jahitan sederhana sehingga memerlukan kulit dari tempat lain kemudian ditanam di luka tersebut.  Cangkok kulit dengan ketebalan yang tipis, atau istilahnya STSG (Split Thick Ness Skin Graft) banyak digunakan pada operasi rekonstruksi untuk  menutup defek atau luka yang luas. Sayangnya STSG mempunyai kekurangan yaitu mudah terjadi kontraktur. Semakin tipis, semakin mudah terjadi kontraktur. Kontraktur kulit adalah kondisi pemendekan permanen kulit dan jaringan dibawahnya yang menyebabkan keterbatasan gerak dan deformitas atau perubahan bentuk.

Kontraktur kulit Obat Mempercepat Penyembuhan Luka dan Mencegah Kontraktur Kulit
Kontraktur Kulit

Dr. Mirta Hediyati Reksodiputro, SpTHT-KL(K)
Dr. Mirta Hediyati Reksodiputro, SpTHT-KL(K)
Dengan pemberian PRFM diharapkan faktor pertumbuhan yang dikandungnya, mempercepat proses penyembuhan cangkok kulit dan mengurangi timbulnya kontraktur. Menurut Dr. Mirta Hediyati Reksodiputro, SpTHT-KL(K), staf Divisi Plastik Rekonstruksi RSCM bahwa PRFM merupakan generasi terbaru konsentrat trombosit yang menghasilkan fibrin yang alami. Selain itu, PRFM juga berperan sebagai kerangka atau scaffold yang akan membantu melokalisasi faktor pertumbuhan.


Referensi
1. https://synapse.koreamed.org
2. Majalah Dokter Kita Agustus 2014

No comments:

Post a Comment